Image default
Berita Utama Bogor Raya Daerah

Bima Arya Ajak Warga Tidak Membuang Sampah di Sungai

Bogor Kota (inibogor.com)Wali Kota Bogor, Bima Arya mengajak seluruh warga di Kota Bogor untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, terutama di sungai.

Ajakan itu disampaikannya saat menghadiri acara Puncak Cipakancilan Festival 2018 (launching Program Cipakancilan Hade) di Kampung Kramat, Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (28/10/2018).

“Marilah kita bersama-sama untuk tidak membuang sampah, apalagi membuang sampah di sungai,” kata Bima.

Bima menegaskan, saat ini program naturalisasi Sungai Ciliwung resmi dicanangkan secara serius dan konsisten. Menurutnya, tidak ada kata terlambat, bersama semua pihak, unsur dan elemen untuk merealisasikan program naturalisasi sungai yang ada di Bogor, diantaranya Sungai Ciliwung, Cisadane dan aliran sungai lainnya, termasuk Sungai Cipakancilan.

“Kedepan sungai Cipakancilan bisa menjadi Eco Wisata jika warga sama-sama menjaga sungai, tidak membuang sampah dan konsisten,” jelas Bima.

Ketua Panitia Cipakancilan Festival 2018 Onong Zarkasyi menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan oleh Kompak Kamkar (Kelompok Masyarakat Pecinta Cipakancilan Kampung Kramat), diharapkan dengan dukungan dari Wali Kota, Camat, Lurah dan unsur lainnya program ini berjalan dengan baik.

“Tujuannya acara ini untuk membangun satu role model perubahan sosial masyarakat secara keseluruhan, berkembangnya kemitraan, tumbuhnya rasa kepedulian dalam pelestarian lingkungan, khususnya sungai Cipakancilan. Insya Allah kedepan sungai Cipakancilan akan menjadi Eco wisata,” terangnya.

Cipakancilan Festival 2018 kata dia, diikuti hampir 100 anak-anak dari Kelurahan Panaragan dan Paledang yang tergabung dalam Laskar Kancil, dari anak-anak ini diharapkan dapat membentuk karakter untuk selalu mencintai lingkungan, terutama persoalan sampah yang menjadi masalah selama ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Elia Buntang menuturkan, jika sungai-sungai yang ada di Kota Bogor bebas dari sampah pemerintah pusat akan memfasilitasi warga. Melalui Cipakancilan Festival 2018 ia menitipkan pesan agar tetap konsisten dan bekerja sama untuk menjaga lingkungan.

Camat Bogor Tengah, Agustian Syah mengapresiasi Cipakancilan Festival 2018 semoga bisa menjadi pemicu acara-acara lain kedepannya. “Mudah-mudahan kedepan bisa membuat Festival Cipakancilan dan acara ini bisa menular ke kampung-kampung lain. Mari jaga kampung kita bersama,” ujarnya.

Di awal penyanyi Oppie Andaresta mengajak Laskar Kancil untuk menjaga lingkungan dengan menyanyikan beberapa lagu, diantaranya, Ayo Tanam, Sampah, Orang Utan.

“Tetap jaga lingkungan agar lingkungan aman dan nyaman. Tetap cintai bumi mu tetap cintai lingkunganmu,” pesannya. (Red).

Berita Terkait

Leave a Comment