IGRA Kota Bogor Kunjungi DPR RI, Joko Purwanto Ajak Keliling Para Guru

Kota Bogor | inibogor.com

Anggota DPR RI Komisi VII, H. Joko Purwanto kembali menerima ratusan guru guru dari Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Kota Bogor dalam kunjungan ke gedung DPR RI. Kedatangan para guru tersebut, disambut hangat oleh Joko Purwanto didampingi protokoler DPR RI.

Dalam sambutannya, Joko Purwanto menjelaskan tugas dan fungsi sebagai anggota dewan DPR RI, memberikan edukasi dan pemahaman sebagaimana memilih seorang wakil rakyat yang tepat serta menceritakan pengalaman pengalaman selama dirinya menjadi anggota dewan.

Setelah memaparkan hal hal penting terkait tugas dan fungsi anggota DPR RI, Joko Purwanto mengajak seluruh rombongan untuk mengunjungi museum DPR RI, melihat langsung dan menyaksikan arsip-arsip sejarah DPR RI dari awal dibentuk sampai masa kini, berkunjung ke Ruang Paripurna I dan Paripurna II serta membuka sesi Audiensi dan penerimaan aspirasi di ruang kerja nya Komisi VII.

Diruang Komisi VII, Joko Purwanto melakukan dialog bersama para guru dan menerima berbagai aspirasi aspirasi salah satunya tentang kesejahteraan para guru.

“Terimakasih kepada Pak Joko yang telah memfasilitasi kami untuk hadir dirumah rakyat ini. Saya mewakili para guru lainnya ingin menyampaikan aspirasi yang ada khususnya dari guru guru RA, MA dan PAUD. Saat ini masih banyak guru guru yang belum mendapatkan kesejahteraan seperti sertifikasi, Tunjangan Fungsional Guru (TFG) dan lainnya. Mudah mudahan melalui kunjungan ini Pak Joko bisa membantu semua aspirasi dan harapan serta memperjuangkan kesejahteraan para guru,” ucap Ketua IGRA Kota Bogor, Rinawati Rina.

Menanggapi aspirasi para guru, Joko Purwanto mengatakan, secara pribadi dirinya hanya bisa menyampaikan dalam konteks kesepakatan fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang telah terus berpikir keras dan perhatian khusus kepada guru guru. Kebetulan, salah satu Ketua DPP PPP itu adalah Ibu Reni Marlinawati yang notabene Wakil Ketua Komisi X.

“Didapilnya beliau pasti banyak guru guru sehingga tidak perlu diragukan bagaimana keanggotaan DPR RI dimana pasti akan memberikan hal khusus terkait dengan kebijakan pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan pada guru guru,” ungkapnya.

Namun demikian, menurut Joko, yang menjadi masalah adalah keterbatasan kemampuan keuangan saat ini yang kemudian tidak bisa terlalu terjemahkan oleh mekanisme. Memang mau tidak mau harus ada skala prioritas bukan berarti kesejahteraan guru ini menjadi prioritas kedua. Oleh karenanya saat ini, pemerintah Jokowi harus mengambil kebijakan yang tidak populis seperti membangun infrastruktur itu tidak populis, karena yang dirasakan tidak sekarang melainkan 5-10 tahun kedepan.

“Jadi situasi situasi seperti ini bukan tidak diketahui oleh para dewan DPR RI khususnya Komisi X dan saya meyakini benar bersama Bu Reni Marlinawati itu merupakan orang yang memang sehari hari tidak pernah pindah karena dia tidak baru sekali atau dua kali menjadi anggota DPR tetapi meneruskan kebeberapa keterpilihannya dan mereka konsentrasinya terus di Komisi X,” jelasnya.

Tentunya, tambah Joko, secara countinue mereka terus bertahan untuk bagaimana memikirkan kesejahteraan para guru guru yang ada. “Apa yang disampaikan tentang harapan guru guru itu bukan hanya hari ini saja, tetapi sebelumnya sudah terus menerus kita dengar dan terus menerus kita perjuangkan. Jadi kita tidak bicara yang muluk muluk, tetapi kita terus menerus bagaimana bisa mengkondisikan agar kesejahteraan para guru itu bisa terkondisikam dengan baik,” tandas Caleg nomor urut 2 Dapil Kota Bogor-Kabupaten Cianjur ini.

Sementara itu, Ketua Forum PKBM, H. Hasan mengucapkan terimakasih kepada Bapak H. Joko Purwanto yang telah memberikan izin dan memfasilitasi rombongan untuk mengunjungi gedung DPR RI sehingga bertemu dengan insan insan yang benar benar berilmu dan memiliki nilai juang.

“Mudah mudahan kunjungan ini mendapat pelajaran yang berarti dan pengalaman yang luar biasa. Dengan hadirnya kita disini memiliki suatu nuansa dan harapan harapan kedepan setelah mendengarkan tupoksi atau hal apa saya yang telah dilakukan oleh dewan DPR RI,” singkatnya. (Red)

Related posts

Leave a Comment