Berita Utama Kota Bogor Nasional Pemerintahan 

Kejar Target, Pembangunan Pedestrian Suryakencana Digeber

 

Komisi 3 Minta Pembangunan Tepat Waktu

Bogor | Inibogor.com

Pembangunan pedestrian di Jalan Suryakencana menjadi obyek Inspeksi Mendadak (Sidak) Komisi 3 DPRD Kota Bogor. Dikomandoi Ketua Komisi 3 Aditiyawarman dan seluruh anggota melihat langsung kondisi terkini pembangunan pedestrian. Sidak didampingi juga oleh Dinas PUPR, Muspika Bogor Tengah dan pihak pelaksana kontraktor PT Pulau Biru Ansor.

Ketua Komisi 3 Aditiyawarman mengatakan, pihaknya ingin memastikan pembangunan pedestrian Jalan Suryakencana dan tahapan proses pembangunannya. Sampai saat ini pembangunan sudah mencapai 33 persen. Berdasarkan perkembangan sejak awal pembangunan pedestrian, banyak penyesuaian penyesuaian, salah satunya karena banyak aspirasi dan keinginan dari para pemilik ruko yang meminta diakomodir dan diikuti keinginannya.

“Kami mendengar keluhan dan aspirasi warga soal pelebaran jalan ini. Usulan warga sudah disesuaikan pihak pelaksana kontraktor. Sudah nengalami penyesuaian saat ini, awalnya dari dua meter trotoarnya, dan terjadi penambahan 60 centimeter,” ungkapnya.

Komisi 3 juga menyesalkan terjadinya miss komunikasi dan tidak terbangunnya kebersamaan antara Pemkot Bogor dengan warga para pemilik toko, sehingga menghambat waktu pembangunan. Bahkan usulan warga itu tidak sesuai dengan perencanaan awak. Namun semuanya sudah diantisipasi sehingga bisa disesuaikan.

“Hal itu merupakan dari aspirasi para warga pemilik toko yang terkena dampak pembangunan pedestrian. Kita lihat perkembangan progres dan capaiannya. Memang waktu terhambat dan semoga saja pembangunannya tepat waktu,” ungkap Aditiyawarman.

Kelancaran transksi perekonomian warga tergantung selesai tidaknya pembangunan pedestrian ini. Semuanya harus dipastikan bahwa pekerjaan pembangunan harus tepat waktu dan berkualitas. “Kami minta dilakukan pengawasan maksimal agar pekerjaan ini selesai dengan baik,” harapnya.

Senada, anggota Komisi 3 Zaenul Mutaqin menambahkan, sesuai dengan tupoksi Komisi 3 ingin memastikan pekerjaan pembangunan pedestrian selesai tepat waktu dan informasi pihak ketiga sudah mencapai 33 persen. Mudah mudahan kalau tidak ada kendala lagi dilapangan bisa terselesaikan tepat waktu karena pekerjaan sempat terhambat selama satu bulan tidak bisa bekerja karena menyelesaikan persoalan dengan warga, mengakomodir keinginan warga.

“Disini kita menjalankan fungsi pengawasan dan 27 Desember nanti pembangunan pedestrian ini harus selesai, jangan sampai terjadi adendum,” jelas Zaenul.

Politisi PPP ini mengatakan, soal devisiasi pada pembangunan pedestrian itu terjadi karena lebarnya dikurangi tetapi panjangnya ditambah, sehingga tidak mengurangi volume dari pembangunan pedestrian sesuai spek dan perencanannya. “Jadi tidak ada masalah yang penting volumenya tetap sama. Apalagi persoalan itu sudah disepakati bersama oleh pihak Pemkot Bogor,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Bogor, Wawan Gunawan, berharap pengerjaan pedestrian Jalan Suryakencana yang telah mencapai progres 32 persen optimistis selesai tepat waktu.

Semua material dan para pekerja telah siap. Namun pihaknya terus mengoordinasikan terkait waktu yang tersisa sebanyak satu setengah bulan dan berharap bisa selesai dalam sisa waktu yang ada.

Ia berharap, pemasangan box utilitas, jika telah selesai maka pemasangan granit akan lebih cepat terselesaikan. Pihaknya juga telah mengantisipasi musim hujan dengan merja lembur.

“Ditargetkan ada beberapa kegiatan yang akan dikerjakan oleh beberapa group. Termasuk kegiatan pemasangan granit. Ini granit baru dikerjakan hari ini,” katanya.

(Red)

Related posts

Leave a Comment